Cara Mengakses Server Lokal Node.js secara Online/Public

Intro

Node.js berjalan dengan port yang telah ditentukan, dan ketika ingin mengaksesnya secara public maka harus menyiapkan servernya, namun tidak perlu khawatir ketika anda ingin membuatnya diakses secara public saat ini tersedia Localtunnel yang dapat membuat aplikasi Node.js anda yang berjalan di lokal komputer dapat diakses secara public.

Localtunnel

Localtunnel memungkinkan Anda berbagi layanan web dengan mudah di mesin pengembangan lokal Anda tanpa mengacaukan pengaturan DNS dan firewall.

Localtunnel akan memberi Anda url unik yang dapat diakses publik yang akan mem-proxy semua permintaan ke server web Anda yang berjalan secara lokal.

Features:

  • Secure https for all tunnels
  • Show your work to anyone
  • Use the API to test webhooks
  • Test your UI in cloud browsers

Langkah-langkah

Untuk membuatnya dapat diakses secara public, ada beberapa langkah yang harus diikuti, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Install Localtunnel dengan kode berikut ini.

npm install -g localtunnel

2. Kemudian jalankan terlebih dahulu aplikasi Node.js

node namafile.js

3. Jalankan Localtunnel sesuaikan dengan port aplikasi Node.js yang sedang berjalan, sebagai contoh aplikasi Node.js yang sedang berjalan menggunakan port 5000, kemudian jalankan kode berikut.

lt --port 5000

4. Akses URL yang telah diberikan oleh Localtunnel, lalu klik tombol Continue.

5. Kemudian anda akan langsung diarahkan ke aplikasi Node.js dan ketika mengakses url selanjutnya tidak perlu klik tombol Continue

Proses membuat aplikasi Node.js yang berjalan dilokal komputer bisa diakses secara public telah selesai, perlu diingat bahwa ketika komputernya mati maka tidak bisa lagi diakses dengan url public, sampai saat ini saya tidak menemukan rincian biaya yang pasti untuk Localtunnel karena mungkin memang ini dibuat untuk developer yang sedang mengembangkan aplikasinya.

Penutup

Semoga pengembangan aplikasi Node.js anda berjalan dengan baik dengan menggunakan atau tidak cara ini. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silakan dibagikan agar yang lain juga mendapat manfaatnya.

Terima Kasih.

UPDATE

Ketika saya mencobanya ternyata tidak bertahan lama, dan harus menjalankan lt --port 5000 lagi untuk mendapatkan url yang baru, namun setidaknya cara ini berhasil untuk membuat aplikasi Node.js dilokal komputer dapat diakses secara public, metode ini berguna sekali ketika mengembangkan aplikasi Node.js.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url